Wednesday, July 4, 2012

Cara membuat Xperia x8 menjadi Multitouch


Multitouch.. Fitur ini yang pada kondisi standar pabrik tidak ada pada si Neng Shakira.. sempat jadi pertimbangan saya juga saat mau memilih antara neng shakira dan om GalMin :mrgreen: . Tetapi setelah ngluyur sana ngluyur sini di forum xda maupun android-indonesia akhirnya tahu juga ternyata Xperia X8 aka neng Shakira ini bisa multitouch, Yess makin mantab meminangnya.. Tetapi ada tetapi nya.. ternyata Xperia X8 ini ada 2 versi yaitu versi terdahulu (kebanyakan masih casing putih) menggunakan Display atau layar bertipe Snaptyc yang notabene belum real multitouch, dan yang versi ke 2 (“sepertinya” yang sudah bercasing hitam, produksi 2011)  sudah menggunakan layar type Cypress atau sudah real multitouch.
Nah sebelum kita pasang modul multitouchnya kita cek terlebih dahulu, apakah jenis layar yang ada di xperia kita, caranya. Download aplikasinya dari sini http://attachments.xda-developers.com/attachment.php?attachmentid=624033&d=1307977020 kemudian extrak dan jalankan “checkts .cmd” (tanpa tanda petik) . sambungkan HP ke PC dalam keadaan USB debugging active. Ikuti instruksi nanti akan terdetek jenis layar kita menggunakan snaptyc atau cypress.  Jika terdeteksi “snaptyc” mohon maaf sekali anda kurang beruntung, tetapi jika terdeteksi Cypress selamat, selanjutnya mari kita Rock n Roll dengan neng Shakira :D
OK, setelah dipastikan HP berjenis Cypress, langkah selanjutnya agar bisa multitouch adalah :
1.  Download file ax8mt.ko , bisa cari di www.4shared.com atau bisa cari diXDA-developers.com.
2.  Kemudian Copy file tersebut ke SD card, selanjutnya dengan menggunakan Root Explorer copy ax8mt.ko dari SD Card ke root /system/lib/modules.
3. Buka Terminal Emulator pada Xperia anda, lalu ketikkan :
su [enter]
insmod /system/lib/modules/ax8mt.ko [enter]
4.  Restart HP, dan selamat menikmati neng Shakira yang bisa di cubit-cubit (Xperia X8 yang bisa multitouch :) )
5.  Untuk mengetest silahkan download Multitouch Visualizer dari Android Market.
selamat mencoba, dan test menggunakan Game-game yang multitouch

3 comments

Ty Gan Info nya , udah ane coba 100% bisa

gan klau buat hp mito t710 gmn..?
mohon bantuanx ngan..

bisa diperbarui lagi gan.. filenya udah gak berlaku


EmoticonEmoticon