Saturday, September 22, 2012

Cara mengatsi Bootloop xperia mini pro


Baru kali ini saya mengalami BootLoop, setelah sebelumnya saya mencoba edit file /system di device, tapi gagal pas restart akhirnya device saya mengalami bootloop. Setelah mengalami kepanikan beberapa menit, ketemulah solusinya yaitu melakukan flashing ulang device.
Adapun pengertian flashing yaitu : menginstall firmware/ROM pada device. biasanya dengan menggunakan tools pada komputer seperti odin atau flashtool.
FirmWare yaitu semacam Operating System yang disimpan di ROM yang menjembatani antara device dan aplikasi-aplikasi serta user. ada juga yg mendefinisikan ROM sebagai sistem utama OS, dan firmware adalah versi dari sistem utama tersebut. misal ROM = android, firmware=2.2.1. sehingga ada istilah stock rom,custom rom
flashing untuk sebagian besar device android caranya sama, karena saya memakai xperia mini pro (SK17i) nah pada artikel ini saya ingin share pengalaman saya mem flash device SKI71yang baru saja saya lakukan beberapa menit yang lalu (resiko data kontak, program yang sudah diinstall hilang semua) , caranya sebagai berikut  :
untuk panduan silahkan klik link dibawah ini :
1-     Download firmware terbaru disini
2-     Download flashtool disini
3-     pastikan handphone dalam keadaan mati
4-     install/ekstrak flashtool yang barusan di download biasanya ke C:\flashtool
5-     copy file firmware SK17i_62_Sony Ericsson.ftf yang tadi barusan di download kefolderC:\Flashtool\firmwares, pastikan extension file .ftf
6-     install driver yang ada di folder C:\Flashtool\drivers, klik Flashtool-drivers.exe
7-     Buka FlashTool
8-     Klik FlashTool.exe yang ada di folder FlashTool yang bertanda seperti PLN
9-     Pilih flashmode lalu klik OK
10- Muncul menu firmware selection seperti dibawah ini , lalu pilih SK17i
11- Tunggu proses flashing sampai muncul perintah untuk unplug device seperti dibawah ini :
12- Pastikan device  mati dan kondisi tidak tersambung ke PC, lalu tekan volume bawah tahan & colokkan device ke PC via USB,
13- Tunggu hingga proses flashing selesai (100%)
Selamat Sk17i  sudah normal lagi dan tampilan OS pun baru lagi :) , tapi mesti install ulang program2 lagi :(

4 comments

Bro, bisa di perjelas kapan HP yg bootloop di PLUG ke pc?
Karena di atas hanya tertera saat qta meng-UNPLUG hp saja.
Tolong di bantu yah, saya baru saja kena bootloop.. :) Thanks in advanced.

Update: flash sukses (hp di plugin sesaat sebelum mengaktifkan FLASHTOOL.EXE.
Well.. no more bootloop..Thanks share nya yah!!
Very Nice!!


EmoticonEmoticon