Saturday, September 22, 2012

Macam-macam factory reset pada Android


Apa itu Factory Reset (Reset Data Pabrik) Android?
Factory reset adalah suatu cara untuk mengembalikan software handphone/tablet Android ke kondisi seperti baru keluar dari pabrik. Factory reset pada umumnya dapat menyelesaikan hampir semua masalah yang disebabkan oleh kerusakan software. Sebagai catatan, proses factory reset akan menghapus semua data dan aplikasi yang tersimpan di memori internal telepon / tablet Android.
Pada umumnya Factory Reset dapat dilakukan melalui menu Settings (pengaturan) > Privacy (privasi) > Factory data reset (reset data pabrik). Namun bila kondisi handphonenya tidak mau start atau tidak mau masuk ke menu, maka untuk melakukan factory reset, harus melalui recovery mode.
Apa itu Recovery Mode Android?
Recovery mode Android pada dasarnya adalah suatu menu Android yang berguna untuk recovery atau memperbaiki kerusakan software Android. Pada beberapa tipe handphone, upgrade software dapat juga dilakukan langsung melalui recovery modeTidak semua tablet / handphone Android memiliki recovery mode, namun pada beberapa tipe Android, hal ini dapat diatasi dengan menginstall recovery mode buatan pihak ketiga, misalnya ClockwordMod recovery atau xRecovery.
Recovery mode akan sangat berguna bila Anda mengalami hal-hal sebagai berikut:
  1. Bila handphone Android tidak dapat start atau hanya berhenti di logo saja (biasa disebut boot loop Android). Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya akibat ada aplikasi yang error atau baru saja menginstall aplikasi yang tidak kompatibel dengan tipe handphone (dalam banyak kasus, setelah menginstall font changer).
  2. Bila handphone Android dapat dinyalakan, namun tidak mau merespon inputdari pengguna, misalnya layar Android tidak mau disentuh atau tidak dapat masuk ke menu telepon / tablet.
  3. Bila Anda lupa PIN, Password atau Anda terlalu banyak melakukan percobaan menggambar pola (pattern) pengunci ponsel Android yang menyebabkan Anda tidak dapat masuk ke menu.
  4. Kerusakan-kerusakan software Android lainnya.
Untuk melakukan factory reset via recovery mode secara garis besar dapat dilakukan dengan dua langkah mudah berikut. Namun sebelumnyado with your own risk (DWYOR) atau resiko ditanggung sendiri ok ;)
Berikut caranya:
Tahap 1: Masuk ke recovery mode
Untuk dapat masuk ke recovery mode Android, Anda harus mematikan dulu handphone / tabletnya > tekan dan tahan beberapa tombol Android secara bersamaan (misalnya tombol vol Up + Vol Down + power secara bersamaan) > Anda akan masuk ke dalam recovery mode.
Cara masuk recovery mode (tombol yang harus ditekan)  bisa berbeda-beda antara satu tipe HP dengan tipe lainnya.
Recovery mode tampilannya hanya berupa tulisan saja. Dan didalam recovery mode,  pada umumnya Anda tidak dapat menggunakan layar sentuhnya, jadi untuk navigasi naik dan turun, biasanya menggunakan tombol volume (tergantung tipe handphone Android).
Berikut contoh tampilan recovery mode Android:
mengatasi handphone android lupa pin password atau pola pattern pengunci
Tampilan Recovery Mode Android
Tahap 2: Lakukan Wipe Data / Factory Reset
Setelah berhasil masuk ke recovery mode, yang Anda harus lakukan tinggal memilih fitur “Wipe Data / Factory Reset” setelah itu restart handphone Anda.
Agar Anda tidak bingung, berikut contoh cara melakukan factory reset pada handphone Android Samsung Galaxy Young:
  1. Pastikan baterai masih cukup banyak (minimal 70%)
  2. Matikan handphone
  3. Tekan dan tahan tombol Volume Up + tombol HOME + tombol Power secara bersamaan selama beberapa detik > Anda akan masuk ke recovery mode Android
  4. Dengan menggunakan tombol Volume, arahkan kursor hingga berada di tulisan “Factory reset / wipe data”
  5. Tekan tombol HOME untuk memulai proses > harap sabar saat proses berlangsung
  6. Reboot handphone
Jadi, bila Anda mengalami boot loop pada handphone Android atau Anda lupa akan kata sandi atau pengunci pola handphone Android, yang perlu Anda lakukan hanyalah masuk ke recovery mode > lakukan Factory Reset / Wipe data.Sekarang yang menjadi masalah adalah banyak orang yang tidak mengetahui cara masuk recovery mode tablet / handphone Android miliknya.
Berikut adalah cara masuk recovery mode beberapa tipe handphone Android, bila ada tambahan tipe lainnya akan saya update di artikel ini. (diurutkan berdasarkan abjad merk handphone)
Note: Untuk masuk ke recovery mode, semuanya dilakukan dari kondisi handphone mati (off)
Catatan: Untuk kasus BootLoop, jika setelah dilakukan factory reset ternyata tidak menyelesaikan masalah (perangkat Android tetap tidak bisa masuk ke menu), maka untuk mengatasinya pada umumnya dengan cara melakukan flash firmware atau menginstall ulang sistem operasi handphone).
Cara flash firmware tiap handphone atau tablet Android bisa berbeda-beda dari satu tipe dengan tipe yang lain. Bila Anda ingin melakukan flash firmware dan ingin mengetahui caranya,  coba cari informasi melalui forum-forum Android, salah satunya melalui komunitas KasKus klik disini.
ACER
Cara masuk recovery mode Acer BeTouch E210:
Tekan Tombol Volume Down + Camera + Power Secara bersamaan > Ikuti petunjuk yang ada di layar
Cara masuk recovery mode Acer Liquid Metal:
Caranya sama seperti Acer BeTouch E210
ADVAN
Cara masuk recovery mode Advan T1c
Tekan tombol POWER, setelah mulai start-up, tekan tombol Volume Down hingga keluar gambar Android dan Segitiga + tanda seru /!\. Setelah itu tekantombol HOME untuk masuk ke recovery mode. Bila tombol HOME tidak berfungsi, coba tekan tombol MENU.
CROSS
Cara masuk recovery mode Cross AD350 Android:
Tekan tombol HOME + Volume Down + Tekan tombol Power > akan muncul tanda /!\ > tekan tombol HOME
Recovery Mode Cross Android A6T TabMate
Tekan Tombol Home + Volume Up + Tombol Power 
CSL
Cara Masuk recovery mode Blueberry CSL Mi 410 Android:
Tekan dan tahan tombol Volume Up Volume Down + Power secara bersamaan > setelah itu tekan tombol HOME
Cara Masuk recovery mode Blueberry CSL Mi 320 Android:
Tekan Trackpad + tombol Volume Up + Power bersamaan
HUAWEI
Cara masuk recovery mode Huawei X3:
Tekan dan tahan tombol vol up + tombol Power
Cara masuk recovery mode Huawei X5:
Sama dengan X3, yaitu tekan dan tahan tombol vol up + tombol Power
Recovery Mode Huawei S7
Tekan tombol MENU + Call + Power
Recovery Mode Ideos C8150 (AHA Touch)
Tekan tombol Call + Volume Up + Tombol Power
IMO
Cara masuk recovery mode IMO Tab Z5
Takan Tombol Power + Volume Down secara bersamaan > saat ada tampilan IMO, lepas tombol Power (Tombol Volume tetap ditahan).
IVIO
Cara masuk recovery mode IVIO DE88 (thanks to Priadi)
Tekan dan tahan Tombol Camera + Tombol HOME > tunggu hingga muncul logo Android, langsung tekan tombol MENU+BACK bersamaan. Navigasi menggunakan tombol Volume, untuk memilh atau OK gunakan tombol Camera.
LG
Cara masuk recovery mode LG L3 E400:
Tekan Tombol Tengah + Volume Atas + Tombol Power > tunggu sampai muncul logo LG , lepas tombol power.
Cara Hard Reset LG L3 E400:
 Tekan Tombol Tengah + Volume Bawah + Tombol Power,  setelah bergetar dan keluar logo LG , lepas tombol power > tunggu beberapa saat.  (thanks to cl1007 @kaskus)
SAMSUNG
Cara masuk recovery mode Samsung Galaxy Mini, Samsung Galaxy Ace dan Samsung Galaxy Fit Android:
Info lebih lengkap dapat membaca artikel: “Cara mengatasi Samsung Galaxy Mini yang terkunci” (klik)
Cara masuk recovery mode Samsung Galaxy Gio
Tekan tombol HOME + tombol Power
Cara masuk recovery mode Samsung Galaxy 551:
Tekan tombol huruf T + tombol Power. Untuk navigasi atas bawah dapat menggunakan tombol panah, sedangkan untuk melakukan pilihan menggunakan tombol Shift.
Cara masuk Recovery mode Samsung Galaxy Pro:
Tekan tombol T + Tombol Power
Cara masuk Recovery Mode Samsung Galaxy Y (Young) GSM:
Tekan tombol Vol Up + tombol HOME + tombol Power secara bersamaan selama beberapa detik.
Cara Masuk Rec Mode Samsung Galaxy Y (Young) CDMA:
Matikan HP > Tekan tombol Power, saat muncul logo Samsung > tekan tombol VOL UP sampai masuk ke recovery Mode. Kalau handphone menyala normal masuk ke menu seperti biasa, matikan handphone lagi dan ulangi proses dari awal.
Cara Masuk Recovery Mode Samsung Galaxy W (Wonder):
  1. Matikan handphone
  2. Tekan tombol Volume Up + Tombol HOME (tombol tengah) + TombolPower secara bersamaan > tunggu sampai keluar logo “Samsung”, setelah itu segera lepas tombol ketiga tombol tersebut, dimulai dari tombol power terlebih dahulu.
  3. Bila muncul logo Android / gambar kotak dan anak panah > tekan tombolMENU (tombol sebelah kiri dari tombol HOME). Bila tidak berhasil masuk ke recovery mode, ulangi lagi tahap 1.
Cara Masuk Recovery Mode Samsung Galaxy Tab 7″ (P1000) / Tab 7 Plus (P6200)
Matikan Tablet lalu Tekan tombol Volume UP + Tombol Power secara bersamaan sampai layar menyala
Recovery Mode Samsung Galaxy Note N7000
Tekan tombol Volume UP+Home+Power tunggu sampai muncul tulisan Galaxy Note, setelah itu lepas ketiga tombol tersebut
Cara Masuk Recovery Mode Samsung Galaxy Mini II S6500
Tekan tombol Volume up+ Volume down + Tombol Home + Tombol Power secara bersamaan
TOM
Recovery Mode Tom i20
Tekan tombol Volume up + Power secara bersamaan 
Demikianlah sedikit tutorial cara memperbaiki handphone Android yang tidak dapat start, bootlop, brick, lupa password, PIN, salah memasukkan pattern / pola pengunci Android, dll.
Daftar cara masuk ke recovery mode Android yang saya sebutkan di artikel memang masih sedikit.  Bila jenis atau merk handphone Anda tidak tertera diatas, Anda dapat mencoba mencari tahu cara masuk ke recovery mode di Internet atau di forum-forum Android. Bila sudah mengetahuinya, Anda dapat menginformasikan caranya melalui form komentar dibawah, info dari Anda bisa berguna buat yang lain. Terima kasih 

103 comments

gan punya saya (galaxy mini 2)gak sengaja masuk mode reovery gara2 saya pilih salah satu di rom toolbox (gak tau lupa) trus trus gak bisa kembali,padahal sudah saya reboot system now tapi tetep masuk mode recovery.
gimana ni solusinya?

coba di wipe cache dulu gan kalo tetep gak bisa di flash gan

http://second-bro.blogspot.com/2013/02/flashing-galaxi-mini-2-via-odin.html

ini gan tutor klo mau coba ngeflash nya

bang kalo factory mode untuk Imo tab X-One apa an yah tampilannya beda, flash... , test again dll. gmna yha ?

Gan tlong nh,w pny imo tab z5,udh masuk k recovery,tp ada kolom jmlhnya 21,bahasany cina gtu dh,,pilih yg mana bwt factory reset ya..
Please rep,
mazzidzid@gmail.com

wahh klo buat imo tab x-one ane kurang tw gan soal ny blum pernh ngotak ngatik ny

kok bhsa cina
pnya tmen ane bhsa inggris biasa tuh jumlh kolom ny jg gk smpw sgtu

hp sya galaxy y selalu gaga0matil waktu pertengahan booting kenapa y? solusi

gan, hp saya setelah instal rom dan reboot gak mau masuk kemenu lagi dan berhenti di logo sony ericsson,, waktu saya masuk xcevory juga gak mau, gmana ne gan,, mohon bantuannya

buat yang galaxy y coba di flash ulang gan pake odin mungkin ada beberapa file yang rusak

buat soner salah satu cara ampuh nya flash gan pke flashtool

gan, punya ane MyTab gak bisa loading, gimana ne solusinya?
ane jg gak tau ne spesifikasinya, maklum barang cap mei hehe

udh coba di reset gan?
biasanya klo tab gtu ada sumur kecil buat ngereset nya gan

kombinasi tombol resetnya gak da yg cocok gan, ane cari lubang tuk ngeset jg gak ketemu, pusing jg ni ane

gan ..
galaxy note 1 waktu saya main game setengah mati sendiri lalu saya reboot jadi kluar samsung aja gak masuk menu ..
jadi saya bawa pergi tempat services flash/install ulang ..
tapi jadi nggak hidup galaxy note saya ..
lalu pihak services bilang memang ada resiko mati total klu flash gagal ..
apa note saya nggak bisa di hidupin lagi ya ?
apa ada solusi lain ?
harap bantuan nya donkk ..

kalau dia cuma bootlup aja kemungkinan masih bsa d selametin gan, di flash ulang pake odin
masih ada gk gan garansinya?

coba di factory reset gan seperti tutor diatas

Gan , , ada info recovery u/ tablet ADVAN T gg ??
Mohon bantuaannya gan . .
thankzzz..

ada gan
http://second-bro.blogspot.com/2013/05/cara-reset-android.html

terima kasih gan atas petunjuknya
MANTAP Gan Sukses terus gan

gan androidnya ga bisa disentuh yang tombol keluar sama yg mau masuk dket tombol homescreen tapi yang di layar masi bisa disentuh g mna ya agan, kn ttp g enak. tlg d bantu,, tipe android samsung young

Gan..hp gue imo S79..
Kemarin hp gue format ulang..gara" statusnya memory full trus mkanya gue format ulang..
Nah trus kn gue download aplikasi lgii tuh tapi koq Line sama path gue ga bsa ke buka ya..mohon di bantu gan..
Bales ke email aja : bukanbaimwong@gmail.com

gan, pengen balikin OS LG E400 ane ke os GB lagi gimana caranya?

Gan,
sabtu lalu hp IMO discovery S88 touchscreen-nya terlalu reactive. saya mau masukkin pin. ntah angka angka apa aja yg tertekan. shgg terjadi kesalahan input pin lebih dari 15 kali.

saya matikan. cabut baterai. cabut simcard (GSM+GSM) dan juga external sdcard. saya diamkan sekitar 15 menit.

uda itu, saya pasang kembali baterai dan saya charge sampai full. dg kondisi Hp tidak ada simcard dan memory card.

setelah full. saya coba hidupkan. Weleh, semua contact di phonebook telepon, HILANG!
applikasi yg saya download, seperti whatsapp, tidak bisa di pakai. saya buka aplikasinya, eh seperti log in pertama kali. minta input no hp. trs ada tulisan gak ada internet connection. minta di root. pdhl internet saya masih ada kuotanya. kalau gmail dan yahoomail, gak bisa sign in. aplikasinya uda di stop.

kenapa bisa begini ya Gan?
terutama data contact di phonebook hp.
mohon bantuan nya Gan.

teddy zun : kalo belum di pasang cusrom di factory reset aja gan. tpi klo udh d pasang cusrom di flash ulang

kalo kontak hp ny bisa di import dari simcard gan (itu kalo adan nyimpen ny di simcard)
itu mungkin ada kegagalan sistem
coba agan reset aja gan , tapi resiko data di android hilang(kalo gk mau hilang bisa di back up terlebih dahulu)

maaf agan semua,gw mau nanya klw galxy young ga ada signal sama sekali mngatasiya gmna ya gan,krnologi,tdiya gw instl slh fail jd hp resstr sndri,stlh gw hidpin mlh no signl,trs gw hpus fail yg tdi gw instl tpi tetep aj fa ad signl,trs gw gnti krtu mntri tpi tetep no signl,mohon solusiya gan,,,

coba factory reset aj gan itu bisa jadi kegagalan di sistem ny, tpi sebelum itu data di robot ijo ny di back up dulu aj klo tkut ilang

Lg l3 e400 sy pkein r0m cyanogen.mau blikin ke rom bawaan gmna caranya....????

thanks yo udah bener nih hp saya '-')b

ok sama2 gan semoga ilmu ny bermanfaat (y)

gan..imo Z6 ane udh bisa masuk ke factory reset tapi ane ga bisa berkutik karna tulisan yg muncul dg bahasa china gtu..mohon bantuannya gan !hatur nuhun.

permasalahannya sama kyk sodara ane tuh gan, ane juga masih ribet mengatasinya gan, klo sudah ketemu ane share lg kok gan
#kalo ada yang mau bantu boleh itung2 share ilmu

Gan cara rec mode huawei s7 soalnya carra yg diatas gag bisa mohon bantuanya gan

tips.a brguna tuh...
hp sya udh bs norml lgie...
tank u sob ...

Cara factory reset tablet speedup S5 gimana gan?
Susah banget, gak nemuin caranya.

gan bagi tau donk cranya perbaiki xperia x8 yg mati total pda saat di charger..?

kalo gak salah di tablet speedup itu ada lubang sumur buat reset nya gan
kalo ada colok aja pke jarum hehe

kalo gara2 kelamaan di charge kemungkinan besar ada device nya yang rusak gan

ass gan kalo buat imo z6 uda masuk recovery mode tapi bhasa nya bhasa china gan kira2 gimna ngatasinya ya dan pilih no berapa...??

ass gan kalo buat imo z6 uda masuk recovery mode tapi bhasa nya bhasa china gan kira2 gimna ngatasinya ya dan pilih no berapa...??
tlong bntuanya y gan...

Gan ane make imo x9,cara menanggulangi ini tab gmn ya,cma smpe logo trus kaga bsa di apa2in lg

maaf mau nanya kok saya udh pilih wipe/factory reset tp pas mencet tombol home kaga berjalan-jalan.gimana klo kaya gitu?

mau nanya.. hp sony ericsson xperia ray upgrade ke 4.0.. tersilap upgrade kali kedua... tapi proses upgrade kali kedua xsempat selesai.. xdapat on hp.. keluar simbol sony dengan segi tiga tanda seru.. ADA penyelesaian ngak?

Klo kombinasi recovery buat samsung tab 1 gmn ya ..

gan, advan s5e punyaku keluar 3 pilihan, recovery, fastboot, dan normal. cuma 3 pilihan itu tidak bisa dipilih malah tanda panahnya bergerak naik turun. ada solusi tdk, gan? terima kasih sebelumnya

mbak Eva Rismawati tahan aja tombol "vol up & power"

coba waktu tanda panah ny gerak tekan tombol power nya gan

Bagaimana cara memperbaiki hp galaxy y yg kerestat terus, setiap di on pasti kerestrart lagi system rescoverynya yang tidak berfungsi atau apa tolong dijawab, thanks..

Gan ane pake tab mixon cara recovery y gmn ya,,,,,

coba klik disini untuk infoo yang lebih jelas http://www.indosurvei.com/sandix56

kalo buat sony ericsson xperia pro mk16i gimana gan?

permisii.,.., agan.,agan.,
kalo udah di reset factory/flash firmware., garansi hilang gk ??
cos masih baru 2 mnggu ni, tp playstorenya brmasalah

gan cara masuk ke factory reset untuk IMO X 3 gimana caranya . thanks B4

yang punya firmware ninetology T7800 minta tlg di sharekan link nya ke spheares@gmail.com trimakasih

Gan cwm advan t ane ngilang. Gmana cara balikinnya lagi gan.? Status sdh droot. Mkasih

Tab saya Tipe Aldo. Ko ga bisa masuk recovery yah?

gan x peria ray ku kmren aku hard reset tp setelh itu mlh trouble snyalx h x kluar cmn tnda pnahx gk mncul otomtis intrnert gk connect..trus buat msuk ke mnu tlfon bsa tp buat tlfon mlh hang..

gan klo ALDO T-33 gmn?? adek sy lupa kata sandix.. help pleaseeee....

Gan advan s5e saya nggak tau kenapa datanya mengahapus sendiri gan, udah 5 kali. Itu terjadi sejak saya instal xmodgames & langsung muncul kin user. Help me gan, udah banyak habis kuota gara gara update app.

ga hp evercoss a54 saya lupa pola ny, gimana cara recovery mode nya ya/

untuk evercoss a54
tekan dan tahan tombol volume bawah+tekan tombol power
tanpa melepaskan tombol volme down tadi sampai keluar menu android hp agan

min kalo hp lg e-420 cara resetnya gimana?

Bos, hp ku mati trus kalau di hidupin munculnya factory mode, trs gak lama muncul tulisan cina aku gak ngerti apa mksud nya. Klau aq pilih salah satu dri tulisan cina itu, muncul nya mlah low batery yg lain dari biasanya. Hp ku oppo r831k

Bos, hp ku mati trus kalau di hidupin munculnya factory mode, trs gak lama muncul tulisan cina aku gak ngerti apa mksud nya. Klau aq pilih salah satu dri tulisan cina itu, muncul nya mlah low batery yg lain dari biasanya. Hp ku oppo r831k

bang punx saya Aldo mobuile internet device, itu gmn cara facktorynya

Gann sarannya gimana hp saya terjebak di mode fastboot dan gak bisa keluar

Gan Hp advan Vandroid S5A w kok gk bisa di nyalain ya??? Susah bangt gk tau caranya Ni, sms ya ke 081344448327, thanks bantuannya Gan

gan hp ane evercoss w7b bootloop gmn caranya biar bisa normal lgi

Gan gua ada sony x8 tapi lupa pola ,cara ngeriset nya gimana gan ?

Gan Recovery bwt hp aldo t55 gmna,udh d cb otak atik cra ky yg d atas tp ttp aja ga kluar mnu recovery'y,mhon pncrhanya.

Gan hp ane samsung grand prime
kalo di restart terus muncul logo terus muncul android system recovery 3e
padahal ane gak mencet tombolnya gan

Gan mau tanya saya punya tab merk hp voicetab 7 keadaan sdh pernah di root oleh adik saya... Ada beberapa aplikasi ilang seperti kamera gak jalan gan... Aku mau wipe lagi apa ada kemungkinan bootloop gan... Saya takut blm tak wipe sampai skrg... Minta solusinya ya gan... Thanks

Kalo d wipe cache kemungkinan bootlop nya kecil gan, kalo amannya coba d reset aja gan, bisa lewat menu setting atau menu recovery.
Kalo cara di atas gak mau juga, coba di instal lagi firmware nya gan

kalo huawei y6 gimana gan? ane baca d forum tetangga trus dicoba tp gabisa :( agan punya caranya? soalnya pas dcoba cara yg dsebelah malah tulisannya phone unlocked

gan saya punya tablet nine tapi dimaini adk saya. dia minnta masukin akun email. saya masukin ga bisa. tablet nya cuma bisa wifi.gimanah dong??

Gan pnya ane lenovo a390, ga bisa masuk ke recovery mode, mentok di logo robot yg ada tanda seru'nya.. Mohon bantuan kang bro

Klo evercoss w7b gmn recorvery mode nya gan

hp gw advan s3d tapi kok gak ada tulisan wipe data nya yah??
mohon bantuan nya

Gan aldo as8 kok gk bisa masuk ke recovery mode..apa baterainya harus 70℅ dulu

Gan aldo as8 kok gk bisa masuk ke recovery mode..apa baterainya harus 70℅ dulu

Gan gw lupa pasword android,udah coba masuk ke recovery mode trus factory reset/wipe data tapi nggak berhasil gan,sandinya nggak mau hilang mohon infonya

Gan gw lupa pasword android,udah coba masuk ke recovery mode trus factory reset/wipe data tapi nggak berhasil gan,sandinya nggak mau hilang mohon infonya

tablet sony xperia tablet s nge-bootlop, awalnya ga ada msalah cma kmren sya mau gnti memory card trus pas sya pasang balik jdi nge-bootlop smpe skrang tpi smpet msuk homescreen bntar trus bootlop lgi,,,tlong solusinya

Gan, cara masuk recovery Taiwan Mobile A5 gimana ya?

gan giman cara masuk recovery aldo t7q

Gan gimana cara masuk recovery di evercoss winner tab at8b.soal nya tiap ku pencet tombol power & vol - yang ad cuma kluar tulisan fastboot mode di pojok kiri atas.tlg solusi nya email ke pardiah04@gmail.com.makasih gan

Gan gimana cara reset hp spc s9 kalau tombol power ane rusak?

gan gimana ya kalo udah masuk tpi tdk bisa keluar karena hp sya batreinya tanam

gan,, hp advan punya saya factory resetnya gak ada

Klo galaksi ace 4 cara nya gimana bang

Cara recovery advan s5e nxt gimana gan ?

Udah keluar di ujung kanan atas tulisan fastboot mode nyaa tapi gak masuk" gaan , gimana tuh ?

Bro cara masuknya tab aldo t11 gimana ya? Saya udh coba tp gak bisa

bang gmna cara factory reset evercoss a65b tp dimenu recoverynya gk ada tulisan e MMC nya


EmoticonEmoticon